Selasa, 15 Maret 2011

Rupa bumi kita

Rupa bumi kita


Tahukah kalian, apa sich yang bikin rupa bumi kita tidak rata?

Dalam suatu wilayah, pasti kita menemukan ada bentukan yang naik dan turun. Ada yang berbentuk kerucut, ada yang berbentuk kubah, ada yang berbentuk punggungan memanjang, ada tebing tinggi nan terjal, ada air terjun, ada lembah yang sempit memanjang, tapi ada juga daerah yang menyerupai mangkok bakso (heheeee…).

Nah….ternyata, ada beberapa sebab lohhh yang membuat rupa bumi kita ini tidak rata. Dan yang bertanggungjawab atas bentukan rupa bumi ini adalah adanya gaya-gaya dari dalam bumi itu sendiri (gaya Endogen) dan gaya-gaya yang berasal dari luar bumi (gaya Eksogen).

Gaya Endogen
Gaya endogen adalah gaya yang bersumber dari aktifitas dalam bumi itu sendiri.
Lapisan asthenosfer (mantel atas) bersifat plastis. Ia berisi cairan magma yang selalu berkonveksi (inget proses memasak air di panci kan???? nahhh seperti itu tuhh bentuk gerakan arus konveksi). Arus konveksi pada asthenosfer inilah yang menyebabkan lapisan lempeng (kerak) di atasnya bergerak. Ada yang bergerak saling mendekat, ada yang bergerak saling menjauh, dan ada pula yang bergerak saling bersinggungan.
Pergerakan lempeng-lempeng inilah yang akhirnya menyebabkan terjadinya  aktifitas tektonisme, vulkanisme dan seismik(gempa).
Aktifitas tektonisme ini menyebabkan terjadinya patahan (sesar) pada kerak bumi dan lipatan.  Lapisan bumi ini menjadi tidak rata. Ada bagian blok yang naik, tapi ada juga bagian blok yang turun, bahkan ada yang menggeser secara mendatar.
Beberapa fenomena alam yang diakibat oleh patahan, yaitu adanya air terjun, tebing yang tinggi terjal, sumber  air panas, dataran tinggi, lembah-lembah, dan sungai-sungai.
Tahukah kalian bahwa lapisan kerak bumi pun bisa terlipat? Pada zona-zona yang elastic dan rentan, lapisan kerak bumi ini akan mengalami perlipatan jika diberi gaya tekan( kompresi) dari samping. Ia akan melipat ke atas (lipatan antiklin) atau melipat ke bawah  (lipatan sinklin), atau kedua-duanya.
Nahhhh….punggungan yang memanjang itulah salah satu bentuk bentukan rupa bumi yang diakibatkan oleh perlipatan.
Aktifitas vulkanisme, disebabkan oleh gaya endogen juga. Bentukan gunung ini disebabkan oleh adanya pergerakan magma di dalam perut bumi menuju ke permukaan bumi, sehingga menimbulkan bentukan positif (tonjolan).
Hasil erupsi gunung juga memberikan konstribusi pada pembentukan rupa bumi. Sedimen hasil erupsi yang terendapkan di suatu daerah akan memberikan bentukan tertentu. Dan akan terus berubah bentukannya seiring dengan pengendapan sedimen-sedimen berikutnya.

Gaya Eksogen
Gaya eksogen adalah gaya yang berasal dari luar bumi.
Yang termasuk dalam kategori gaya eksogen ini adalah pelapukan (weathering), erosi, dan sedimentasi.
Pelapukan adalah penghancuran massa batuan oleh media sinar matahari, air, angin, gletser, reaksi kimia dan organisme. Faktor iklim/curah hujan, relief, vegetasi  dan ketahanan batuan sangat berperan terhadap kecepatan pelapukan.
Erosi adalah proses pengikisan batuan/tanah oleh air, angin, gletser, atau ombak.
Sedimentasi adalah proses pengendapan material hasil erosi. Material hasil erosi ini dapat diangkut (transport) oleh air, angin, airlaut, ataupun gletser.


Well….sekarang kalian tahu kan mengapa rupa bumi kita ini tidak rata??? Cob sekarang kalian lihat di sekitar kalian. Kira-kira bentuk rupa bumi di daerah kalian tinggal itu seperti apa ya???
Bisakah kalian mengkira-kira, bentukan itu disebabkan oleh aktifitas tektonik seperti apa???
….….hayo???
Belum tahu??? Kalo begitu, kalian harus terus membaca artikel-artikel Geo4Kids berikutnya.
Siapa tahu kalian bisa menjadi seorang GeoKidser yang handal membaca dan menganalisis fenomena rupa bumi kita.

So, jangan lelah untuk membaca !!!




2 komentar:

  1. mantabs.
    ^__^
    Salam kenal brow
    kunjungin blog sy untuk tutorial blogger,

    BalasHapus
  2. ditambah gambar akan lebih mudah di mengerti

    BalasHapus